Jakarta, SatuRakyat – Drone, Taiwan akan mendapatkan lebih dari 1.000 drone bersenjata dalam penjualan senjata baru Amerika Serikat, menurut para pejabat AS, dalam langkah signifikan yang meningkatkan kemampuan pulau itu untuk mempertahankan diri dari China.

Penjualan tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Reuters, termasuk 100  MQ-9 Reaper dan 60 Switchblade. Reaper adalah drone besar yang mampu membawa rudal dan bom, sedangkan Switchblade adalah drone kamikaze yang lebih kecil yang dirancang untuk menabrak targetnya.

Penjualan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan AS untuk memperkuat kemampuan pertahanan Taiwan di tengah meningkatnya agresi China. China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan telah berjanji untuk menggunakan kekuatan jika perlu untuk menyatukan kembali pulau itu dengan daratan.

Pemerintah AS telah berulang kali menegaskan komitmennya untuk membantu Taiwan mempertahankan diri, dan penjualan drone baru ini merupakan tanda terbaru dari dukungan tersebut.

Drone tersebut akan memberi Taiwan kemampuan baru yang signifikan untuk melawan pasukan China. Reaper dapat digunakan untuk menyerang target di daratan China, sementara Switchblade dapat digunakan untuk melindungi pulau dari serangan udara dan laut.

Penjualan tersebut kemungkinan akan ditanggapi dengan kemarahan oleh China, yang telah memperingatkan AS agar tidak menjual senjata ke Taiwan. Namun, AS kemungkinan akan tetap melanjutkan penjualan, dengan mengatakan bahwa Taiwan memiliki hak untuk mempertahankan diri.

Penjualan drone baru ke Taiwan adalah perkembangan penting dalam hubungan AS-China dan Taiwan. Ini menunjukkan komitmen AS yang berkelanjutan untuk membantu Taiwan mempertahankan diri, dan kemungkinan akan memperburuk ketegangan antara AS dan China. Penjualan tersebut juga kemungkinan akan memiliki dampak yang signifikan pada keseimbangan militer di Selat Taiwan.

Penting untuk dicatat bahwa situasi di sekitar Taiwan masih berkembang, dan ada banyak faktor yang dapat memengaruhi hasil. Namun, penjualan drone baru ini adalah tanda yang jelas bahwa AS bertekad untuk membantu Taiwan mempertahankan kemerdekaannya.

baca Juga : Menu Sarapan PAGI Sehat Dan Simpel