Jakarta, SatuRakyatPernikahan, di Ponorogo menarik perhatian karena keputusan unik dari pengantin pria yang memberikan mahar berupa beras sebagai tanggapan terhadap lonjakan harga beras di pasaran. Ide kreatif ini berasal dari Irwan Sokip (28), yang mendapat persetujuan dari istrinya, Ikrima Zakiyah (25).

Irwan, warga Kecamatan Sawoo, tidak hanya memberikan beras sebagai mahar, tetapi juga menyertakan sembako, uang, emas, dan seperangkat alat salat. Menariknya, Irwan mengungkap bahwa ia sengaja menanam padi jauh-jauh hari sebelumnya untuk memanennya saat pernikahannya. Hasil panen tersebut kemudian dijadikan sebagai mahar.

 

“Ide ini muncul karena saat ini harga beras melonjak tinggi, jadi saya berinisiatif menggunakan beras sebagai mahar,” ujar Irwan.

 

Pria asal Sawoo ini menegaskan bahwa keluarga mempelai perempuan juga sepakat dengan ide tersebut. Total mahar yang diberikan mencakup 50 kg beras, sembako, uang, emas, dan seperangkat alat salat, dengan beras berasal dari hasil panennya sendiri.

 

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Sawoo Ponorogo, Meky Hasan Tachrudin, mengungkapkan bahwa ini adalah kali pertama mereka menikahkan pasangan dengan mahar berupa beras.

 

“Hari ini, KUA Kecamatan Sawoo menyelenggarakan pernikahan yang maharnya menggunakan beras sebanyak 50 kilogram dan sembako. Keputusan ini diambil karena harga beras sedang melonjak dan sulit didapat,” ujar Meky.

 

Meky menekankan bahwa menjelang Ramadan, harga kebutuhan pokok mengalami peningkatan tajam. Mahar berupa beras dianggap sebagai catatan penting bagi mempelai untuk menghadapi lonjakan harga beras yang signifikan.

 

“Dalam Islam, memberikan mahar berupa beras sangat diperbolehkan, mengingat kemanfaatannya yang sangat besar,” tambahnya.

 

Pernikahan ini tidak hanya mencerminkan kreativitas dalam tradisi mahar, tetapi juga menjadi simbol tanggapan terhadap perubahan ekonomi, terutama dalam hal harga beras. Irwan dan Ikrima berhasil menciptakan momen berharga dengan cara yang unik dan bernilai makna. Semoga pernikahan mereka diberkahi dan menjadi inspirasi bagi pasangan lainnya.